Reza ingin Bicara dengan SBY & JK soal Pemanasan Global

Ini surat dari Mama Reza

Minggu lalu, hari Kamis malam kebetulan pas kita pulang Reza belum bobo.
Trus seperti biasa kalau Mamanya temenin, Reza pasti ngobrol dulu sebelum bener-bener tidur.

Obrolan I: Kenapa terjadi pemanasan global?

R: ‘Mama, sekarang udah malem?’
M: ‘Iya, tuh lihat udah jam 19.20, udah jam bobo’
R: ‘Tapi kok langitnya masih terang?’
M (sambil lihat ke jendela, bener, masih terang, langitnya masih abu-abu, belum gelap): ‘Iya ya masih terang. Memang akhir-akhir ini cuaca berubah, dan mungkin saja masih terang seperti ini karena cuaca dunia sudah berubah’
R: ‘Karena pemanasan global, Mama? (Reza pernah dengar ttg ini dari uda Ivan-sepupunya, dan tertarik banget sama topik satu ini)
M: ‘Iya sayang, karena pemanasan global banyak hal yang berubah di bumi ini’
R: ‘Karena lapisan udara bumi rusak ya Mama’
M: ‘Iya, padahal lapisan udara itu yang melindungi kita dari panas matahari’
R: ‘Katanya nanti Sumatera bisa tenggelam, Padang bisa tenggelam lho Mama’
(Itu isyu yang juga baru2 ini Reza dengar, sepertinya ada yang cerita sama Reza bahwa karena pemanasan global nantinya ditahun 2040 Sumatera akan tenggelam, dan ini bikin Reza kawatir karena oma-opanya, sodara-sodaranya, banyak yang ada di Padang – baca Tahun 2040 : 2.000 Pulau Tenggelam di http://www.walhi.or.id/kampanye/energi/iklim/070724_prbhn_iklim_cu/ )
M: ‘Makanya, kita harus cegah pemanasan global supaya tidak terjadi seperti itu’
R: ‘Penyebab pemanasan global itu karena asap pabrik yang besar-besar itu ya Mama’
M: “Iya, polusi, juga kebakaran hutan, dan pemakaian bahan-bahan yang bikin lapisan udara makin tipis’
R: ‘Kenapa sih mereka masih lakukan itu?’
M: ‘Karena masih belum banyak yang tahu akibat perbuatan mereka jadi bikin tambah pemanasan global. Nah sekarang bobo dulu ya’

 Obrolan 2: Kita kasih tahu SBY yuk

Tapi Reza masih belum merem juga, matanya masih kebuka juga, kelihatannya masih serius mikirin sesuatu…🙂

R: ‘Mama, rumahnya SBY dimana sih?’
M: ‘Di Cikeas, Bogor. Kenapa?’
R: ‘Kapan-kapan kita kesana kalau SBY lagi dirumah ya’
M: ‘Mau ngapain?’
R: ‘Kasih tahu tentang pemanasan global ini sama SBY’
M: ‘Ooo, SBY sih sudah tahu tentang pemanasan global. Malahan baru-baru ini ada pertemuan para pemimpin dunia, Global warming Conference di Bali, SBY jadi tuan rumahnya’
R: ‘Jusuf Kalla datang juga?
M: ‘Duh, Mama lupa, kayanya enggak deh’
R: ‘Rumahnya Jusuf Kalla dimana?’
M (sambil nahan ketawa, udah tau Reza pasti bilang mau kesana, mau kasih tahu tentang pemanasan global ini sama JK) “Sepertinya di Menteng rumahnya’
R: ‘Nomor berapa rumahnya?
M: ‘Wah jalan apa sama nomor berapa Mama nggak tahu. Papa barangkali tahu”
R: ‘Reza tanya sekarang ya’
M: ‘Iya’ (karena udah gak tahan mau ketawa)
P: ‘Lho kok belum bobo, Reza?’
R: ‘Papa tau nggak rumahnya Jusuf Kalla dimana?’
P: ‘Papa nggak tahu. Kenapa?’
R: ‘Reza mau kasih tahu tentang pemanasan global sama Jusuf Kalla’
P: (bingung, kok tau2 Reza ngomongin pemanasan global) ‘Mama mana, sayang?’
R: ‘Dikamar’
P: ‘Ya sekarang bobo dulu sama Mama ya’

Dikamar, Reza masih mau terusin obrolannya.

M: ‘Udah, sekarang bobo dulu, nanti males lagi bangun pagi seperti tadi pagi’
R: ‘Besok lanjutin ya Mama’
M: ‘Besok kan Mama pulang malem lagi (padahal Mamanya cari alasan tuh, karena mo cari bahan dulu, biar gak salah ngomong soal Global Warming)
R: ‘Hari Sabtu ya kalo gitu….’

Jadi Mamanya punya pe-er tuh, ngumpulin info tentang Global Warming, karena kalau lagi penasaran sama satu topik, pertanyaan Reza bisa meluas kemana-mana, jadi kalo salah ngomong bisa gawat hehehe….

3 Tanggapan

  1. Salam Kenal

    http://tertawa-yuk.blogspot.com

  2. […] Reza tetap tumbuh wajar, seperti percakapan dengan ibunya di bawah ini, yang dimuat dihttps://tetum.wordpress.com/2008/01/25/reza-ingin-bicara-dengan-sby-jk-soal-pemanasan-global/. Percakapan ini merupakan kutipan dari surat yang dikirim ibunya ke Tetum. Dalam cerita itu, R […]

  3. There is a desire to write an article about Global warming?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: