Kearifan dalam mencuci serbet

img_0500.jpgimg_0505.jpgimg_0503.jpg

… happiness can come from work and pride in what you do —Gandhi

Pekerjaan rumah tangga adalah area pendidikan terpenting dalam metode Montessori, dan disebut dengan ‘Practical Life’. Aktivitas itu memberi kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi dalam kehidupan yang dilihatnya di sekelilingnya.

Bila kita memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan tugas rumah tangga berarti kita melakukan tindakan menghargai dan memberi kepercayaan kepada anak. Ia akan merasa dirinya adalah penting bagi dirinya sendiri dan lingkungannya.

Dengan mencuci serbet, salah satu aktivitas Practical Life, anak belajar berkonsentrasi dan kontrol diri, serta mengembangkan citra diri yang sehat. Membasahi, memberi sabun, mengucek dan memeras serbet sungguhan adalah pekerjaan nyata yang dilakukan orang dewasa, bukan sekadar beraktivitas dengan menggunakan mainan alat dapur.

Lihatlah senyum dan semangat anak-anak dalam kegiatan mencuci serbet bersama Kak Muna di atas. Mereka gembira karena beraktivitas seperti orang dewasa. Mereka tengah berproses mengembangkan citra diri yang sehat!

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: