Manggung di Al-Azhar Rawamangun

Pada hari Selasa 18 Maret 2008 saya (Endah) diundang Badan Pengawas Obat dan Makanan RI untuk ikut dalam penyuluhan keamanan pangan di SD Al-Azhar Rawamangun, Jakarta Timur. Saya mendapat tugas yang menyenangkaaaaan sekali: membuat konsep acara dan membawakan panggung boneka. Lakonnya saya buat imajinatif agar anak-anak dapat menangkap dan mengingat pesan yang disampaikan.

Saya sangat terbantu oleh kehadiran Kak Ami, yang menjadi voice actor pendamping, dan memberikan expertise-nya sebagai guru yang terlatih dalam manajemen acara. Saya juga bersyukur memiliki kenalan yang terampil dalam mixing lagu, Pak Dani Ramdani, sehingga pementasan menjadi hidup.

Segala kelelahan terbayar ketika, saya bertanya kepada anak-anak, “Ada yang mau mementaskan cerita Pompi?”, dan mereka berteriak keras, “Mauuuuuuuuu!” Pementasan yang mereka lakukan –dengan skrip dan boneka buatan sendiri—merupakan reward yang kami rasakan: kami telah berhasil melakukan sinergi dengan audiens kami.

Pertanyaannya adalah apakah pementasan itu akan dilakukan di Tetum? Sekalipun Badan POM tidak akan melakukan penyuluhan di Tetum, mereka sudah berpesan agar kami menjadi agent of change keamanan pangan. Ya, jauh sebelum bersentuhan dengan Badan POM, kami sudah mengusung isu keamanan pangan, yang terinternalisasi dalam kegiatan sehari-hari: cuci tangan sebelum makan, tidak membawa bekal berupa camilan mengandung MSG, dan menaruh piring dan gelas kotor di pantry untuk dicuci.

img_1348.jpg Ini panggung pentas kami.

img_1354.jpg Endah memberikan pengarahan membuat skrip kepada anak-anak.

img_1358.jpg Anak-anak membuat boneka untuk dipentaskan.

img_1362.jpg Boneka-boneka untuk Badan POM karya Pak Dani.

img_1366.jpg Kak Ami dan boneka karya anak-anak.

Satu Tanggapan

  1. Wah seru sekali ya. Nggak cuma cerita dongeng, tapi ini dongeng yang interaktif, pendengar juga jadi pelaku pementasan.
    Kapan dong anak-anak Tetum punya acara yang sama? Pastinya seru deh, mengingat bawelnya anak-anak Tetum kalau diceritain dongeng (pengalaman pribadi waktu mendongeng dikelas ;-))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: