Perayaan untuk Perubahan

“Setiap hari begini?” tanya Pak Dani Ramdani, tamu Tetum yang akan membantu audio project kami.

Pertanyaan yang tak pernah muncul di benak kami, yang setiap hari lebur dalam keseharian di Tetum, sehingga sulit dijawab. Ya, setiap hari “selalu begini”, dalam arti selalu ada yang tetap, yaitu perubahan itu sendiri.

Implikasinya tentunya setiap hari selalu berubah, sehingga tak pernah ada hari dan detik yang sama.

Pertanyaan itu membuat saya keluar dari ruang dan waktu, mengamati apa yang terjadi di sekeliling kami hari itu.

Oh, hari itu di ruang kantor agak ramai. Pertama, kehadiran Pak Dani yang bekerja dengan laptop dan headset. Kedua, kehadiran Arya, yang tengah dibujuk agar ceria ketika datang ke sekolah.

Kehadiran Pak Dani, bagi anak-anak, just another guest. Menarik perhatian di detik-detik pertama, tetapi kemudian mereka menjadi terbiasa. Jadi sesungguhnya yang membuat berbeda adalah keberadaan Arya di ruang kantor, sejak dia tiba di sekolah. Usai jam makan, Kenzie, Attar, dan Rara mengintip di jendela, kemudian beramai-ramai masuk diikuti Ali, Erin, Dinda dan Aldy. Mereka bertanya, “Ngapain Mas Arya?” Mereka mengagumi prakarya contong permen bergambar Sponge Bob yang dibuat Arya, lalu mengambil buku dari rak … dan beramai-ramai mendekati Pak Dani. “Namaku a-el-i,” kata Ali ketika berkenalan.

Cukup heboh, karena ada anak yang memegang touchpad, lalu protes pada temannya yang menggerakkan cursor laptop. Belum lagi yang ingin mencoba headset. Saat anak-anak berebut headset, saya dan Kak Wiwik bertatapan dan tersenyum melihat Erin yang dengan asertif menyatakan keinginannya. “Erin sudah berani,” kata Kak Wiwik.

Ketika Miss Nur memanggil untuk kembali ke kelas, mereka pun meninggalkan ruang kantor, termasuk Arya yang sudah sembuh hatinya.

Suasana kantor menjadi lengang kembali.

“Setiap hari begini?” Jawabnya adalah, “Setiap detik adalah perayaan untuk perubahan.”

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: