Ulang Tahun, Gathering, Inisiasi

Nama kegiatan: ulang tahun; makna sosial: gathering; makna budaya: inisiasi.

Itu hanyalah coret-coretan saya di kertas, saat suara “toet-toet” balon terdengar di halaman, dibunyikan oleh anak-anak yang menghambur ke penjemput masing-masing. Sebuah kegiatan baru saja usai, ulang tahun Ali, Kelas Antariksa.

Ulang tahun adalah kegiatan rutin di Tetum, tetapi kali ini sedikit berbeda, karena melibatkan seluruh Kelas Antariksa dan Kelas Langit (pagi) dan Darat. Kegiatan diadakan pukul 9.30 agar kelompok siang bisa ikut. Kelas Laut tidak ikut, karena kegiatan ini diadakan pada hari Selasa.

Hal berbeda yang lain, Kelas Darat, Langit dan Antariksa terlibat dalam kegiatan bersama yang terstruktur. Biasanya mereka bermain bersama, dalam kelompok-kelompok yang tercipta secara alami dan kegiatan yang muncul tanpa direncanakan. Misalnya, ada kelompok yang berlari-lari, ada yang menggambar, dan … ada yang bertengkar, tentu:)

Namun dalam kegiatan ulang tahun itu, terjadilah suatu gathering, yang menyertakan berbagai angkatan. Dalam kegiatan ini anak-anak lebur, tanpa ada sekat. Sejak pagi Ali berlari-lari dikejar oleh teman-temannya yang bernyanyi, “Happy birthday, Ali. Happy birthday, Ali.”

Ketika kegiatan dimulai, mereka pun lebur dalam doa, mengangkat tangan-tangan mungil mereka, memejamkan mata, dan melantunkan kata-kata pengharapan untuk kebaikan Ali.

Saat kegiatan menyanyi, mereka menyumbangkan lagu, dan saat permainan kucing dan tikus, mereka ingin terlibat. Sayang tidak semua bisa mendapat kesempatan.

Bagi anak-anak, acara itu memberi makna sosial; bagi keluarga Ali acara itu merupakan sebuah inisiasi budaya, peralihan dari suatu tahap menuju tahap yang lain. Ketika acara usai, ibu Ali berkata, “Nggak ada lagi deh yang sekolah di Tetum.” Ya, Ali adalah putra bungsunya yang bersekolah di Tetum, setelah Faiz dan Igor. Acara ulang tahun Ali menjadi sebuah milestone bahwa Ali mulai bergabung dengan kedua kakaknya dalam tahap middle childhood.

“Happy birthday, Ali!”

Lebur dalam doa, termasuk Kelas Darat.

Kenzie menggoda Ali dengan memberinya ciuman di pipi.

Kelas Langit Boy Band.

Sebuah inisiasi untuk Ali dan bundanya.

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: