Menganyam

Menganyam adalah salah satu seni tradisi tertua di dunia. Konon kegiatan itu ditiru manusia dari cara burung menjalin rantin-ranting menjadi bentuk yang kuat.

Kesenian ini juga ada di berbagai budaya Nusantara. Di rumah-rumah panggung di pesisir Aceh, tikar pandan menjadi alas lantai. Di Pedamaran, Sumatra Selatan, kegiatan menganyam tikar menjadi pemandangan sehari-hari yang dilakukan ibu dan para gadis remaja. Tak heran bila kota itu disebut sebagai kota tikar.

Untuk memperkenalkan Kelas Antariksa pada seni tradisi nenek moyang, mereka pun diajak menganyam kain flanel.

Mereka melakukannya dengan penuh keseriusan, agar pola tikar tidak salah. Kelak, kalau sudah terbiasa, mereka mungkin akan melakukannya sambil mengobrol, seperti halnya para penganyam tikar di desa: menganyam adalah sebuah kegiatan sosial, tempat bertukarnya cerita.

4 Tanggapan

  1. Duh sekarang berasa rugi sekali kalau nggak masuk sekolah walau cuma sehari, karena ketinggalan aktifitas yg seru dikelas. Mudah2aaan kak Muna masih sempat mengajarkan cara menganyam saat Reza sudah masuk….

  2. assalamualaikum :)
    saya sedang mencari manfaat menganyam untuk anak. indikator apasaja yang didapat dari menganyam itu ?
    terima kasih :)

  3. saya mau tau gmana cara2 buat menganyam tikar tlng kirim ke email saya ya thank u

  4. Menganyam Tikar merupakan ilmu dan seni, ilmu menganyam sangat diperlukan agar tikar yang di hasilkan dapat bermanfaat dan berguna sehingga dapat menghasilkan uang sedangkan seni merupakan cara mengolah ilmu, agar tikar2 yang dihasilkan dapat bersaing dengan bermutu untuk dipasarkan di konsumen misalnya dgn seni motif, seni warna, seni bentuk, dlll. sehingga menambah wawasan para pengrajin tikar lebih kreatif dalam pembuatannya. Majulah Pedamaran.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: