Cerpen: Namaku 29 April

Namaku 29 April. Iya, Dua Puluh Sembilan April. Aku sahabat seorang anak perempuan. Aku tahu dia menganggapku sebagai sahabat, karena dia selalu menungguku. Tentu dong dia menungguku karena aku cuma bisa menemaninya satu tahun sekali, selama 24 jam. Aku tidak bisa berbuat lain, karena aku punya 364 teman yang sabar menanti giliran masing-masing.

Bila aku datang, anak perempuan itu menyambutku dengan istimewa. Oh tidak, sebetulnya ibunyalah yang membuatnya begitu. Beberapa hari sebelum kedatanganku, ibunya sudah sibuk mengatur penyambutan untukku. Ibunya datang ke sekolah sahabatku itu, dan minta izin kepada gurunya apakah aku boleh datang ke sekolah. Lalu ibunya, membeli kue dan topi agar teman-teman sahabatku ikut suka cita menyambut kehadiranku. Oh ya aku sudah kenal teman-teman sekolah sahabatku selama beberapa tahun ini, dan tahun ini akan menjadi pertemuan terakhirku dengan mereka. Tahun depan sahabatku akan pindah sekolah. Kata ibunya, dia akan masuk SD. Karena itu pula ibunya menyiapkan selembar kertas agar teman-teman sahabatku menulis pesan mereka untuk sahabatku.

Ketika jarum jam bergerak, aku sadar bahwa waktuku mendampingi sahabatku semakin sedikit. Aku harus silam, karena temanku, 30 April, akan menggantikan kehadiranku.

Aku akan datang lagi tahun depan. Pasti ibu sahabatku akan membuat penyambutan yang berkesan juga, dan sahabatku tentu semakin besar dan semakin pandai.

Aku beruntung mendapat tempat yang istimewa di hati sahabatku dan ibunya.

2 Tanggapan

  1. Ibu sahabatku mengucapkan terima kasih kepada guru-guru di sekolah, yang telah membantu membuat aku menjadi sangat istimewa pada saat sahabatku merayakan kedatanganku…

    Mudah-mudah2an saat terakhir aku hadir di sekolah itu akan menjadi salah satu kenangan terindah untuk sahabatku dan teman2nya kelak….

  2. Waw … Mama Andine bisa jadi cerpenis juga:)

Tinggalkan Balasan

