Usia TK menulis skenario, mungkinkah?

Jawabnya: Ya. Itu terjadi dalam kegiatan Script Frenzy, pelatihan penulisan skenario untuk anak yang berlangsung dari tanggal 1-30 April 2008. Kegiatan ini -merupakan afiliasi dari Script Frenzy internasional–diadakan setiap Sabtu, terbuka untuk umum, dan diikuti oleh 10 anak: dua dari SD Citra Alam, satu dari Al Azhar As-Syarif, satu dari SMA Sumbangsih, dan enam anak homeschooling. Seorang penulis skenario, Anggoro Saronto, menjadi fasilitator utama dalam kegiatan ini.

Di antara peserta terdapat seorang anak berusia 4,5 tahun, Thifa. Dia menulis skrip berjudul Monyet Ajaib dan Kuda Ajaib. Semangat Thifa pun ajaib. Sejak diberi tahu bundanya tentang acara ini, dua bulan sebelumnya, Thifa selalu menunggu kapan bulan April datang. Setelah pertemuan pertama Sript Frenzy, 29 April 2008, ide-ide Thifa langsung membanjir, sehingga ibunya sibuk “menangkapnya” dengan cara merekam di handphone, dan kemudian mentranskripnya.

Minggu berikutnya, Thifa datang dengan cerita yang sudah ditulis dengan format skenario, dan langsung mendapat persetujuan dari Om Aang.

Cerita Thifa cukup lucu, tentang monyet yang berubah jadi orang. Thifa cukup konsisten dengan gagasan ceritanya: sejak awal tentang monyet bernama Fandli. Ini berbeda dengan anak-anak lain yang kerap berubah-ubah ide dalam suatu proyek penulisan.

Pada akhir Script Frenzy, karya peserta dipentaskan secara spontan oleh “volunteer”. Saya pun menjadi volunteer, memerankan si Fandli monyet Thifa. Tahu tidak, pada saat memerankan cerita itu saya tak hentinya merasa takjub karena gerakan dan kata-kata yang saya selami berasal dari anak berumur 4,5 tahun.

Semoga jejak Thifa –seorang homeschooler– dalam menulis skenario juga diikuti anak-anak Tetum. Oh ya Thifa adalah putri Alzena Masykouri, psikolog sahabat Tetum.

Thifa

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: