Perjalanan Panggung Boneka Tetum

Awalnya sederhana saja. Kak Yati ingin memanfaatkan panggung boneka yang ada di sekolah. Selain anak-anak suka dongeng, juga agar mama Anya tahu bahwa panggung itu bermanfaat. Anya adalah lulusan dua tahun lalu, dan merupakan kakak Andine –Kelas Antariksa.

Maka proyek panggung boneka yang pertama digarap oleh Kak Yati, dengan lakon kura-kura. Anak-anak cukup antusias ketika itu. Kegiatan itu berlanjut dari bulan ke bulan.

Panggung boneka tidak hanya dilakukan di dalam sekolah, tetapi juga sebagai bagian dari social responsibility kami. Ketika Komunitas Homeschooling Berkemas dan Lembaga Manajemen Pendidikan Indonesia menyelenggarakan homeschooling di bulan Januari 2007, maka saya mengusulkan untuk mengisi slot kegiatan bagi pengunjung anak TK dan SD.

Dari kegiatan itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan mengajak kami terlibat dalam penyuluhan keamanan pangan. Maka kami pun manggung dari SD ke SD.

Lalu pada acara Toyota Bercerita di TK Pembina Petukangan, 30 April 2008, kami diminta mengisi acara. Wah … sebuah penghormatan besar, karena manggung di depan pimpinan IGTKI dan guru-guru TK, di TK percontohan nasional Pembina pula. Pada hari itu pula ternyata cerita Uli dan Ula mendapat anugrah sebagai tulisan terbaik di antara 400 guru yang ikut kegiatan Toyota Bercerita.

Keterampilan panggung boneka ini kami tularkan kepada anak-anak Tetum, yang ternyata punya bakat terpendam. Ada cerita imajinatif “Rumah dan Orang”, ada yang pandai berimprovisasi suara, seperti Divi.

Pada acara perpisahan sekolah kelak, sebagian anak akan kami minta untuk menampilkan panggung boneka, termasuk Divi tentunya, yang diam-diam punya bakat menjadi puppeteer.

Panggung boneka anak-anak disiarkan di Radio FeMale.

Fajry dan Aldy menikmati kesempatan jadi puppeteer.

Michelle dan Divi pandai memainkan suara.

Penghargaan dari Toyota.

2 Tanggapan

  1. BRAVO untuk k`Endah,cs….!!! Semoga bakat menulisnya bisa ditularkan kepada adik-adik di tetum dan mudah2an juga dari sekian banyak adik2 kita bisa ada yang berprestasi seperti k`Endah ya… Amien!

  2. Terima kasih dan semoga doanya terkabul, mama Andine & Anya. Juga terima kasih untuk panggung bonekanya yang inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: