Not Just Another Year Book

Buku tahunan Kelas Antariksa kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya dibuat dari kertas (namanya juga buku), maka tahun ini berbentuk multimedia. Gagasan dasarnya adalah keprihatinan pada lingkungan alam. Buku tahunan berupa multimedia book tak perlu menggunakan kertas, yang berarti tak perlu mengambil sumber daya alam.

Gagasan kedua adalah keinginan mendokumentasikan suara, suatu hal yang masih sangat langka. Biasanya yang kita dokumentasikan adalah gambar; mengapa bukan suara? Suara setiap manusia itu unik, dan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Jadi rekaman suara di kala balita adalah dokumentasi yang sangat berharga dalam kehidupan.

Di samping itu, memberi perhatian pada suara berarti melatih kita menjadi audio person, sebuah keterampilan yang penting dalam interaksi sosial.

Nah, untuk mewujudkan gagasan itu, Tetum dibantu oleh Pak Dani Ramdani yang pernah bekerja di radio, dan syukurnya cukup sabar menghadapi anak-anak (dan … saya sendiri yang sering keukeuh kalau punya mau).

Kami memulai proyek ini di bulan April. Sengaja tidak memberi tahu orang tua supaya jadi surprise. Tapi rahasia ini bocor juga kepada anak-anak karena sulit memberi tahu mereka mengenai sebuah kegiatan tanpa menyebutkan tujuannya. Setahu saya, Reza menyampaikan kepada mamanya bahwa Kelas Antariksa akan rekaman untuk buku tahunan.

Kesulitan kedua adalah membuat anak-anak itu mengeluarkan suara. Ada anak yang pemalu, atau cenderung lebih tertarik pada peralatan rekam, sehingga tidak mau ngomong, tapi ada juga anak yang terampil berbicara. Untuk tipe pertama, maka ia didampingi temannya yang lebih cerewet. Mereka semua direkam di kantor Tetum dengan menggunakan alat rekam yang disembunyikan dalam boneka kura-kura, … dan tanpa skrip. Cukup mengagumkan imajinasi anak-anak itu saat berbicara dengan Kuri, nama boneka kura-kura. Juga mengagumkan kerja sama Diandra yang mengisi suara sebagai Kuri. Begitu mudah mengarahkannya dan membuat dia berimajinasi.

Ada sebagian kalimat yang diedit, yaitu yang diperkirakan dapat membuat tidak nyaman pihak tertentu.

Proses ganti, tambah, kurang terus berlangsung hingga CD itu jadi. Ketika CD itu rampung, terasa ada yang hilang, yaitu proses mencari dan mengeksplorasi untuk menghasilkan karya terbaik.

Satu Tanggapan

  1. kalo masih ada yang menyimpan CDnya boleh dong Karina Pinjam untuk di copy.
    Punya Karina terselip ntah dimana pada saat pindahan.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: